Umum
- Ezeetunai merupakan uang elektronik yang diterbitkan oleh PT. Ezeelink Indonesia dan berada di dalam aplikasi Ezeelink Indonesia
- Semua pengguna aplikasi Ezeelink Indonesia dapat menggunakan fitur Ezeetunai dengan berbagai syarat dan ketentuan yang akan dibahas kemudian
- Ezeetunai dapat digunakan sebagai alat pembayaran dalam melakukan transaksi pembelian produk atau jasa Ezeelink maupun pihak ketiga baik dari merchant yang bekerjasama langsung dengan Ezeelink atau pengguna Ezeelink lainnya yang memanfaatkan platform Ezeelink sebagai sarana penjualan produk atau jasa mereka di dalam ruang lingkup aplikasi mobile Ezeelink, atau secara offline yang terjadi di dalam toko fisik pihak ketiga
Aktivasi Ezeetunai
- Setelah pengguna selesai melakukan pendaftaran akun aplikasi Ezeelink, maka pada saat itu pula pengguna langsung bisa menggunakan fitur Ezeetunai dengan didahului oleh kegiatan aktivasi Ezeetunai terlebih dahulu
- Pada saat pertama kali pengguna melakukan aktivasi, pengguna hanya diminta untuk membuat PIN Ezeetunai (penjelasan mengenai PIN Ezeetunai akan dijelaskan kemudian)
- Setelah PIN selesai dibuat, pengguna bisa langsung menggunakan fitur Ezeetunai dengan berbagai syarat dan ketentuan yang dijelaskan di penjelasan ini
- Tidak ada biaya dalam proses aktivasi Ezeetunai
Pengisian (topup) dan Saldo Ezeetunai
- Pengisian (topup) saldo Ezeetunai bisa dilakukan melalui kanal-kanal yang kami dan/atau merchant kami sediakan, termasuk melalui kanal bank-bank tertentu atau kanal pihak ketiga lain yang kami informasikan
- Biaya untuk layanan pengisian (topup) melalui kanal bank adalah Rp 1.500,- per transaksi pengisian
- Biaya untuk layanan pengisian (topup) melalui pihak ketiga adalah Rp 2.000,- per transaksi pengisian
- Saldo Ezeetunai Anda hanya akan kami gunakan untuk memenuhi kewajiban kepada Anda dan merchant.
- Saldo Ezeetunai Anda tidak akan digunakan untuk membiayai kegiatan di luar kewajiban kami kepada Anda dan merchant.
- Kami juga tidak akan menggunakan uang pengguna yang mengendap di rekening kami untuk keperluan lain selain untuk membayar kegiatan transaksi pengguna kepada merchant dan/atau pihak ketiga yang bekerjasama dengan kami
Tipe akun (terverifikasi dan tidak terverifikasi)
- Semua pengguna Ezeelink yang sudah melakukan aktivasi Ezeetunai dan hanya berupa membuat PIN untuk otentikasi transaksi Ezeetunai, masih bersifat akun yang tidak terverifikasi
- Untuk akun yang tidak terverifikasi, penggunaan Ezeetunai hanya bisa sebatas pengisian (topup) dan melakukan pembayaran, serta maksimal jumlah saldo akun Ezeetunai Anda dibatasi sebesar Rp 2.000.000,- (dua juta rupiah)
- Cara meningkatkan tipe akun Anda dari tidak terverifikasi menjadi terverifikasi adalah dengan melakukan KYC (know your customer), yaitu dengan cara mengambil foto KTP Anda dan swafoto Anda dengan KTP Anda, lalu kedua foto tersebut dikirimkan kepada kami melalui aplikasi Ezeelink
- Untuk akun yang terverifikasi, penggunaan Ezeetunai selain pengisian (topup) dan pembayaran, bisa juga untuk melakukan transfer akun Ezeetunai antar pengguna Ezeetunai, serta maksimal jumlah saldo akun Ezeetunai Anda bertambah menjadi Rp 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah)
- Baik akun yang tidak terverifikasi maupun yang terverifikasi, transaksi bulanan akun Ezeetunai Anda yang bersifat masuk (incoming) tidak dapat melebihi Rp 40.000.000,- (empat puluh juta rupiah)
PIN Ezeetunai
- Untuk alasan keamanan, setiap kali Anda akan menggunakan fitur Ezeetunai, Anda akan diminta untuk memasukan PIN sebagai otentikasi
- Anda akan diminta untuk membuat PIN Ezeetunai pertama kali ketika Anda melakukan aktivasi Ezeetunai
- PIN Ezeetunai berjumlah 6 angka dan tidak ada batasan-batasan dalam pembuatan Ezeetunai
- Anda dapat membuat PIN Ezeetunai dengan segala kemungkinan kombinasi angka yang mungkin terjadi
- Kami merekomendasikan Anda membuat PIN Ezeetunai dengan kombinasi Angka yang sulit ditebak karena kombinasi angka yang Anda pilih adalah sepenuhnya menjadi wewenang Anda dan Ezeelink tidak bertanggung jawab jika PIN Ezeetunai Anda mudah ditebak sehingga mengakibatkan ada pengguna lain yang bisa mengambil alih akun Ezeetunai Anda
- Anda dapat mengubah PIN ezeeTunai yang sudah Anda buat saat akun sudah berusia 7 hari dari saat Anda mendaftar dengan minimal perubahan PIN berikutnya 30 (tiga puluh) hari setelah pergantian PIN sebelumnya.
- Jika Anda lupa PIN Ezeetunai Anda, Anda bisa melakukan reset PIN Ezeetunai Anda dengan mengakses menu lupa PIN di dalam menu Ezeetunai, kemudian Ezeelink akan mengirimkan PIN Ezeetunai Anda yang baru secara acak ke alamat email yang terdaftar pada akun Anda
- Ezeelink berhak untuk memblokir PIN Ezeetunai Anda untuk beberapa alasan, misal Anda memasukan PIN Ezeetunai yang salah sebanyak 3 kali berturut-turut, atau kami mendeteksi adanya perilaku pembelian yang tidak wajar dari akun Ezeetunai Anda
- Selama PIN Ezeetunai Anda terblokir, Anda tidak bisa melakukan kegiatan transaksi apa pun yang mengharuskan Anda untuk memasukan PIN Ezeetunai, kecuali kegiatan pengisian (topup) saldo Ezeetunai
- Untuk melepaskan blokir PIN Ezeetunai, Anda harus menghubungi call centre kami dan mengajukan permintaan untuk melepas blokir PIN Ezeetunai, dimana nantinya pihak call centre kami mungkin akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk membuktikan beberapa hal terkait otorisasi dan otentikasi kepada Anda
Penggunaan Ezeetunai
- Ezeetunai dapat digunakan sebagai alat pembayaran untuk pembelian produk atau jasa yang diperjual belikan di dalam ekosistem Ezeelink
- Produk atau jasa yang diperjual belikan bisa dijual di dalam aplikasi Ezeelink dimana produk tersebut adalah merupakan milik Ezeelink atau milik merchant maupun pihak ketiga yang bekerja sama dengan Ezeelink untuk memasarkan produk atau jasa mereka, atau produk atau jasa tersebut dijual tidak di dalam aplikasi Ezeelink dimana produk tersebut adalah milik merchant maupun pihak ketiga yang bekerja sama dengan Ezeelink dalam konteks pembayaran yang produk atau jasa tersebut dapat diperoleh oleh pengguna di toko/store fisik merchant atau pihak ketiga tersebut
- Pembelian produk atau jasa di dalam aplikasi Ezeelink dilakukan dengan cara memilih metode pembayaran dengan menggunakan Ezeetunai di saat pengguna akan melakukan pembayaran
- Pembelian produk atau jasa di luar aplikasi Ezeelink dilakukan dengan cara memindai kode QR kepunyaan merchant atau merchant menginisiasi pembayaran dari POS mereka yang kemudian akan diotorisasi oleh pengguna dengan memasukan OTP yang dikirimkan ke akun aplikasi Ezeelink mereka
- Aplikasi Ezeelink (saldo ezeeTunai) ditujukan untuk tujuan pembayaran dan/atau pembelian produk digital yang tersedia di dalam aplikasi. Apabila diketahui terdapat penggunaan ezeeTunai terindikasi penipuan dan/atau melakukan transaksi maupun hal lain yang tidak diperbolehkan oleh regulator (Bank Indonesia), maka PT Ezeelink Indonesia berhak melakukan pembekuan dana serta tindakan lebih lanjut untuk tujuan keamanan
- Atas poin 5, apabila terdapat kondisi dimana dana yang dibekukan diminta untuk dicairkan, pihak bersangkutan wajib melakukan klarifikasi didukung dengan pembuktian dan dokumen pengantar dari pihak berwenang.
Penutupan akun Ezeetunai
- Anda dapat memutuskan untuk menon-aktifkan atau menutup akun Ezeetunai Anda
- Akun Ezeetunai Anda berbeda dengan akun Ezeelink Anda dimana kedua buah akun tersebut tidak terikat dan masing-masing berdiri sendiri, sehingga jika Anda menutup akun Ezeetunai Anda tidak serta merta akun Ezeelink Anda ikut tertutup
- Untuk menutup akun Ezeetunai Anda harus menghubungi call centre kami dan mengajukan permintaan untuk menutup akun Ezeetunai, dimana nantinya pihak call centre kami mungkin akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk membuktikan beberapa hal terkait otorisasi dan otentikasi kepada Anda
- Tidak ada biaya untuk penutupan akun Ezeetunai